7 Bisnis Yang Akan Hancur Tahun 2020 Ini

Bisnis Yang Akan Hancur Tahun Ini

Sebelum Anda memulai bisnis di 2020 ini, sebaiknya ketahui apa saja bisnis yang akan hancur tahun 2020 ini. Setidaknya di September 2020 sudah terlihat tanda hancur

7 Bisnis Yang Akan Hancur Tahun 2020 Ini

Daftar Isi

  1. Bukan Bisnis Jangka Panjang
  2. Turnover
  3. Profit Tidak Tentu
  4. Tidak Fleksibel
  5. Owner Hands On
  6. Teamwork Tidak Solid
  7. Apa itu krisis?

Bisnis-bisnis yang memiliki penjualan yang tidak menentu kecenderungannya pada saat terkena krisis seperti. Bisnis yang sedang bertumbuh adalah bisnis yang sehat tetapi bisnis yang berhenti bertumbuh sedang menuju kematian sama seperti pohon, pohon yang sehat merupakan pohon yang terus menerus tumbuh meskipun ada daun yang gugur tetapi ada daun baru yang akan keluar hari ini kita akan menghadapi masalah yang cukup serius dengan adanya.

Coronavirus telah mengganggu ekosistem sebuah bisnis bukan hanya satu dua bisnis di 2020 tetapi ekosistem artinya saling mempengaruhi dan saling berhubungan teman-teman walaupun ada bisnis yang bermasalah tetapi ada banyak juga bisnis yang booming mendapatkan manfaat dari problem ini.

So ada 7 poin bisnis yang akan terkena dampak besar, saya akan start satu-satu.

Bukan Bisnis Jangka Panjang

Jenis bisnis yang tidak merancang program jangka panjang dalam sebuah planning kita selalu harus tahu bahwa program bisnis tidak hanya boleh bertahan disatu jenis konsep model program.

Supaya anda tidak hanya bergantung dari satu unit atau satu hal saja kalau ada pepatah mengatakan dont put your egg in one basket.

Jadi bisnis yang tidak memiliki program jangka panjang rata-rata hanya memiliki satu andalan income dan ini menjadi jenis bisnis yang akan mengalami masalah yang cukup serius.

Turnover

Bisnis-bisnis yang mudah turnover tidak bisa mempertahankan karyawan yang bagus mudah turnover dan tidak bisa mempertahankan karyawan bagus kalau anda melihat realisasinya didalam bisnis.

Karyawan lama atau karyawan bagus tetap akan lebih produktif dan menghasilkan dari pada karyawan yang turnovernya tinggi, karena banyak sekali orang butuh waktu untuk belajar, butuh waktu untuk melakukan adaptasi.

Banyak waktu untuk membutuhkan belajar satu hal yang baru karena mungkin sebelumnya industrinya berbeda kemudian pindah ke industri yang baru kalau anda tidak tahu atau tidak mampu mempertahankan karyawan bagus maka karyawan-karyawan jelek akan bertahan dibisnis anda.

Profit Tidak Tentu

Jenis bisnis yang memiliki penjualan tidak menentu, teman-teman ada orang-orang yang senang memiliki bisnis yang tidak menentu secara penjualan jenis bisnis-bisnis apa?

Bisnis-bisnis yang bergantung musim bisnis-bisnis yang bergantung dari projek, bisnis-bisnis yang bergantung pada kondisi khusus bisnis-bisnis yang bergantung pada modal bisnis-bisnis yang bergantung pada kapasitas atau kemampuan karyawan.

Kalau orangnya lagi banyak kita jualannya banyak, kalau orangnya sedikit jualannya sedikit bisnis-bisnis yang memiliki penjualan yang tidak menentu kecenderungannya pada saat terkena krisis seperti coronavirus ini sifatnya fatal kenapa?

Karena bisnisnya shut down orang yang punya uang memutuskan untuk keluar dan tidak mau bertransaksi.

Tidak Fleksibel

Bisnis yang menua dan tidak fleksibel, saya pernah meng-coach sebuah perusahaan bisnisnya sudah 30 tahun, lebih banyak orang yang senior bekerja disana sangat-sangat luar biasa setia banget tetapi mereka cenderung tidak mau melakukan perubahan misalnya sekarang ada wiwin yah.

Wiwin ini jualan lewat facebook live dan sangat sukses sekali sangat laku sekali tapi berapa banyak orang yang tidak mau menggunakan facebook live dengan berbagai macam alasan, alasannya apa?

Saya nggak suka didepan kamera, saya nggak bisa tampil saya nggak tau mau ngomong apa padahal ada orang-orang yang menggunakan facebook live dan kaku-kaku awal-awalnya tapi lama-lama kan belajar nah bisnis bisnis yang in-flexible.

Bisnis-bisnis yang tidak mau regenerasi kemampuan akan mengalami problem lalu ada jenis bisnis yang tidak mampu mendapatkan karyawan yang ahli, jadi kita selalu menemukan bahwa karyawannya kok memang setia sih tapi waktu direkrut dari nol ada sebuah bisnis yang tidak pernah mau merekrut karyawan yang sifatnya lebih berpengalaman jadi karyawan dari nol direkrut mulai dari level OB sampai direksi semuanya level nol.

Ada seperti mereka sabar membimbing sampai jadi pinter sabar sekali tapi pertanyaannya ialah apakah karyawan-karyawan ini baik itu manager atau leader atau supervisor melakukan updating business knowledge secara konsisten? apakah mereka memiliki update terhadap teknologi?

Apakah mereka mau meng-update kemampuan mereka? bisa jadi teknik marketing anda hari ini akan tidak efektif sama sekali bisa jadi teknik anda melakukan efisiensi sudah tidak lagi efektif hari ini jadi anda harus melakukan banyak sekali business update nah bisnis yang tidak mau bahkan tidak mau menemukan karyawan yang bisa mengadopsi skill baru akan mengalami problem.

Owner Hands On

Bisnis bisnis yang ownernya sibuk mengurus hal-hal kecil nah jenis bisnis ini business ownernya sangat hands on, hands on itu bagus hands on itu sangat tahu semua semua diurusin tetapi ketika berbicara soal strategi jangka panjang owner ini kelabakan, kebingungan dan akhirnya collapse.

Lalu ada beberapa bisnis yang akan terkena dampak paling besar yaitu bisnis yang kekurangan modal jenis bisnis yang kekurangan modal penyebabnya ada 3 :

  1. Karena terlalu banyak memberikan piutang atau dengan catatan, dengan kata lain bisnis ini mau bertumbuh caranya memberi piutang,
  2. Kenapa anda kekurangan modal, karena terlalu banyak inventory
  3. karena anda mengalihkan uang ke projek lain yang tidak menghasilkan misalnya saya bisnisnya retail cashflow saya bagus tetapi karena saya kelebihan cashflow saya beli banyak properti yang tidak menghasilkan itu bisa menyebabakan anda kekurangan modal.

Teamwork Tidak Solid

Bisnis-bisnis yang teamworknya tidak solid akan sulit sekali menghadapi krisis seperti yang kita alami hari ini teman-teman kita boleh optimis.

kita boleh bersemangat kita boleh berani tetapi kita tahu bahwa semua mata menuju kepada lockdown di indonesia, semua mata, semua mata dunia bukan hanya bukan hanya pemerintah bahkan orang dalam sendiripun mengharapkan kita melakukan lockdown kenapa lockdown?

Karena lockdown akan meng-countain penyebaran virus kenapa? karena virus yang kita sebut covid nineteen adalah virus yang tidak memberikan tanda-tanda jadi kalau saya sehat saya terkena.

Saya ada virus ditangan saya saya pegang tempat-tempat lain orang yang imune nya lemah akan terkena sakit makanya jabat tangan pun jangan yah cipika cipiki jangan kemudian lebih bagus anda diam dirumah hari ini saya kerjanya pun dirumah kebetulan ada banyak hal yang saya bisa kerjakan dirumah tetapi teman-teman ada banyak bisnis diluar sana yang tidak bisa melakukan itu karena apa? karena tidak fleksibel.

Apa itu krisis?

Tidak pernah punya contingency planning dan hari ini saya berharap teman-teman bisa melakukan satu transformasi yang berbeda ya kalau ditanya apa itu krisis?

Krisis adalah sebuah kejadian yang memiliki 3 syarat:

  1. Mengganggu
  2. Berbahaya
  3. Mengancam

Mengganggu, berbahaya mengancam sudah terjadi kalau mengganggu saya nggak masalah tapi berbahaya berbahaya untuk banyak hal anak istri, keluarga, orang tua mengancam juga, mengancam artinya kalau kita tidak berhati-hati maka kita bisa terkena dan dampaknya bukan hanya kesehatan tapi juga bisnis, emosi.

Semangat perubahan dalam hal ekosistem di bisnis ini semua menjadi masalah dan andaikata anda ingin melakukan transformasi atau perubahan moment ini merupakan moment terbaik untuk melakukan transformasi.

Moment ini yaitu moment yang paling tepat untuk anda melakukan perubahan karena jika anda tidak siap jika anda tidak memiliki kapasitas, anda menunggu sampai semuanya normal sudah terlambat uangnya sudah habis.

Strategi kita akan ketinggalan tapi saat semuanya sedang ketakutan anda melakukan transformasi yang bagus inilah yang disebut entrepreneur dan hari ini anda diuji apakah anda seorang entrepreneur dewasa atau entrepreneur yang masih anak-anak.

Apakah anda menjadi entrepreneur yang berani smart atau lebih pengecut, penakut ingin menarik diri dan akhirnya tidak mau bergerak karena ketakutan kita harus berani tapi harus smart, kita harus maju terus tetapi harus strategis, kita harus membangun team kita meskipun tidak ketemu dengan mereka meskipun tidak berada dalam satu tempat yang sama dan itu gaya bisnis baru yang akan berubah setelah covid-19 ini berakhir.

Semoga bermanfaat saya berdoa agar anda selamat sekeluarga dan tetap menjaga kesehatan, menjaga kebersihan menjaga diri untuk tetap berada didalam rumah dan meng-contain diri anda dari pengaruh negatif dari semua yang mengganggu pikiran anda agar anda tetap bisa fokus.


💣 Judul 7 Bisnis Yang Akan Hancur Tahun 2020 Ini
🚩 Kategori Belajar
🔰 Publish Tue, 16 Jun 2020

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan.

Please wait..
ads